Cara Ampuh Mengobati Keputihan Pada Wanita




Keputihan merupakan masalah yang sering kali menghantui kaum wanita. Dalam keadaan normal, cairan yang di sekresikan oleh kelenjar pada organ intim wanita yang memiliki fungsi untuk menjaga agar vagina tetap steril dari bakteri dan berbagai kuman penyakit. Cairan ini juga berfungsi untuk membersihkan vagina dan membuatnya tahan dari penularan berbagai penyakit kelamin. Namun karena beberapa hal yang tidak sehat sekresi cairan ini menjadi tidak normal dan menimbulkan masalah yang sering di kenal dengan keputihan.

Keputihan merupakan sebuah penyakit yang paling sering di alami wanita yang kurang perhatian terhadap kebersihan organ intimnya. Keputihan di sebabkan oleh adanya infeksi jamur yang menyebabkan cairan sekresi menjadi berwarna putih dan biasanya berbau. Pada beberapa kasus yang parah, keputihan bahkan berwarna putih kekuningan, pekat, dan berbau sangat busuk.

Keputihan juga biasanya di sertai dengan rasa gatal, nyeri di daerah perut, perubahan mood, nyeri pada panggul, nyeri pada bagian punggung, dan yang terparah dapat menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada organ intim wanita. Tentu saja terdengar sangat menakutkan bukan? Sebagai wanita sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan terjadinya keputihan ini dan hal-hal yang harus di hindari. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips yang bermanfaat bagi Anda untuk mengatasi keputihan yang berlebihan. Sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa saja yang menjadi penyebab keputihan.

Penyebab Keputihan

1. Jamur
Penyebab paling umum terjadinya keputihan pada wanita adalah adanya infeksi jamur. Jika infeksi ini telah terjadi maka warna cairan sekresi pada organ intim wanita akan berubah menjadi berwana putih dan berbau tidak sedap. Biasanya akan di susul dengan rasa gatal yang berangsur-angsur bertambah parah jika tidak segera di obati.
Infeksi jamur ini dapat terjadi ketika wanita menggunakan toilet yang tidak bersih, semisal toilet umum yang kotor dan tidak higienis di mana telah terpakai oleh orang banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan spora jamur berpindah ke organ intim Anda dan selanjutnya tumbuh dan menginfeksi.
Selain itu wanita yang terbiasa menggunakan banyak obat-obatan untuk vagina mereka juga sangat beresiko terkena keputihan. Begitu pula bagi mereka yang sering terlupa untuk melepaskan spiral dan tampon.
2. Stres
Selain infeksi jamur, ternyata stress adalah salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya sekresi cairan vagina yang berlebihan. Jika hal ini terjadi maka resiko terjadinya keputihan akan semakin tinggi. Nah maka dari itu sebagai seorang wanita yang ingin sehat, Anda seharusnya bisa melakukan manajemen stress yang baik. Lakukan refreshing sesekali jika memang mood Anda sedang tidak bagus.
3. Penyebab lainnya
Beberapa faktor berikut ini juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita seperti penyakit menular seksual, gangguan pada panggul, dan masalah pada serviks.

Cara Mengobati Keputihan

Cara paling umum yang banyak di lakukan untuk mengobati keputihan adalah dengan menggunakan obat-obatan herbal untuk mematikan jamur yang menyebabkan infeksi. Beberapa jenis  tanaman herbal yang cukup ampuh di antaranya adalah Amalaki, Ficus Glomerata, Ashoka, Symplocus racemosus, dan Saraca indica.

Kandungan dalam obat herbal tersebut mampu menjadi desinfektan yang berperan dalam membersihkan saluran genital dan saluran kandung kemih dari berbagai kuman penyebab penyakit. Jika keputihan terjadi pada taraf yang cukup serius maka Anda perlu segera untuk mengkonsultasikannya kepada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Keputihan memang penyakit yang sangat mengganggu pribadi dan kenyamanan seorang wanita. Selain itu penyakit ini juga dapat membuat kehidupan rumah tangga Anda menjadi kurang harmonis. Oleh karena itu sebagai seorang wanita Anda harus selalu menjaga kesehatan Anda agar terhindar dari keputihan.

Jagalah kebersihan dan higenitas semua hal yang berkenaan dengan organ intim Anda. Selain itu juga perkuat daya tahan tubuh dengan banyak mengkonsumsi vitamin dan makanan sehat. Makanan yang paling baik untuk memperkuat tubuh dari serangan infeksi penyakit seperti salad, buah-buahan dan sayur-sayuran hijau perlu Anda masukkan ke dalam menu harian Anda. Untuk melepaskan diri dari stress Anda bisa berlatih yoga minimal seminggu sekali.


Itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi keputihan yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.