Pentingnya Memperhatikan Asupan Gizi Anak Usia Sekolah


Memperhatikan asupan gizi dalam makanan adalah salah satu cara membantu pertumbuhan dan juga kesehatan tubuh. Kebutuhan gizi yang seimbang sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang terutama bagi anak-anak usia sekolah. Kebutuhan gizi pada anak usia sekolah adalah salah satu hal harus orang tua perhatikan jika menginginkan tumbuh kembang yang maksimal. Pada usia ini semua organ tubuh sedang mengalami fase pertumbuhan yang paling maksimal. Sel-sel berkembang dengan cepat dan metabolisme tubuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, asupan gizi yang sesuai sangatlah di perlukan.

Pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia adalah dari umur 0 bulan sampai 18 tahun. Beberapa ahli juga menyebutkan manusia tetap akan mengalami pertumbuhan hingga usia 25 tahun, akan tetapi semakin bertambah umur pertumbuhan akan semakin melambat. Anak sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah atas adalah berada di rentang umur pertumbuhan yang paling optimal tersebut. Jadi kebutuhan gizi anak pada usia sekolah ini sangatlah penting untuk diperhatikan.

Usia sekolah seperti dijelaskan di atas adalah usia di mana pertumbuhan dan perkembangan fisik yang berada di puncaknya. Asupan gizi yang cukup akan sangat membantu pertumbuhan fisik dan juga kecerdasan otak anak. Aktifitas anak sekolah saat ini memanglah sangat padat. Berbagai kegiatan dan organisasi yang diikuti oleh anak pastinya menambah pentingnya kebutuhan gizi anak sekolah. Namun sayangnya, banyak anak sekolah menolak untuk mengonsumsi makanan sehat mengandung kebutuhan gizi anak sekolah yang mereka butuhkan.

Selain untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga membantu perkembangan kecerdasaan anak, asupan gizi anak sekolah juga membantu kekebalan tubuh anak. Dengan aktifitas yang sangat padat yang dijalaninya, pasti sangat mudah membuat tubuhnya tidak fit. Jika tubuh tidak dalam keadaan prima, maka penyakit akan dengan mudah menyerang.
Belum lagi dengan ancaman berbagai makanan cepat saji dan juga jajanan yang dijajakan di sekitar sekolah. Kebanyakan dari jajanan ini terbuat dari bahan-bahan yang tidak baik bagi tubuh yang tentunya akan menimbulkan banyak efek samping untuk kesehatan mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sekolah bisa dilakukan dengan memberikan makanan dengan asupan gizi yang seimbang. Daging, sayuran, buah-buahan dan berbagai jenis makanan yang mengandung gizi tinggi dapat diberikan kepada anak sekolah. Selain itu, pola makan yang teratur harus kita terapkan kepada anak sekolah. Anak sekolah harus makan tiga kali sehari. Dengan asupan gizi yang baik, akan sangat membantu anak menghadapi aktivitas hariannya.

Di bawah ini ada contoh makanan sehari-hari yang bisa memenuhi asupan gizi anak sekolah. Contoh ini bisa diterapkan para orang tua untuk anak-anaknya:

1.      Tiga piring nasi atau padanannya dengan perkiraan 1 piring nasi adalah 200 gram.
2.      Dua potong lauk hewani dengan perkiraan 1 potong adalah 50 gram.
3.      Dua potong lauk nabati dengan perkiraan 1 potong adalah 20 gram.
4.      Satu setengah porsi sayur dengan perkiraan 1 porsi adalah 100 gram tanpa kuah.
5.      Dua potong buah dengan perkiraan 1 potong buah 100 gram buah matang.
6.      Satu gelas susu dengan perkiraan 1 gelas sutu adalah 200 cc.


Kebutuhan gizi pada anak sekolah sangatlah penting untuk di perhatikan. Dengan asupan gizi yang terpenuhi dengan baik akan sangat membantu anak menjadi generasi muda yang berbadan sehat dan cerdas. Semoga bermanfaat.