5 Pola Hidup Buruk Dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Dampaknya Bagi Kesehatan



Pola hidup buruk merupakan hal yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan. Banyak orang yang tidak menyadari telah melakukan pola hidup yang tidak sehat dan kemudian tanpa sadar dampaknya sudah menghampiri. Jadi pola hidup buruk apa saja yang sebenarnya banyak dilakukan oleh kebanyakan orang? Berikut ini akan kami jelaskan 5 pola hidup buruk yang sering Anda lakukan dan bahkan sudah jadi kebiasaan sehari-hari. Ketahui dampak buruknya pada kesehatan Anda pada penjelasan berikut, kemudian sebisa mungkin hindarilah sekarang juga.

1. Kebiasaan Begadang


Anda pasti sudah pernah begadang, misalnya kerjaan kantor yang terlalu banyak sehingga harus di lembur ataupun sistem kebut semalam dalam melakukan tugas sekolah dan tugas kuliah. Anda harus tahu jika begadang hingga larut malam sangat tidak sehat untuk tubuh.
Pada malam hari, ada beberapa organ tubuh yang harus bekerja secara ekstra membuang racun-racun dalam tubuh yang membutuhkan kondisi tubuh yang rileks. Hal ini hanya bis di dapatkan dengan cara tidur pulas. Jadi, ketika waktu tidur sebenarnya ada organ tubuh yang sedang bekerja. Jika saat itu kamu tidak tidur, maka organ tubuhmu tidak bisa bekerja secara maksimal. Sebagai akibatnya, penyakit pun akan datang menghampiri. Begadang jika dilakukan sekali – kali sebenarnya boleh. Tapi jika keseringan dan menjadi kebiasaan, hal ini akan berdampak pada kesehatan untuk jangka waktu yang lama.

2. Merokok


Rasanya semua orang sudah tahu jika merokok memang berbahaya bagi kesehatan dan banyak sekali resiko penyakit yang bisa timbul. Meskipun di bungkus rokok saja sudah terdapat peringatan tersebut, para perokok pun tetap menghiraukannya. Nah, untuk Anda para perokok sebaiknya mulai berpikir dari sekarang. Untuk apa melakukan hal yang tidak ada manfaatnya untuk tubuh bahkan membahayakan? Gantilah kebiasaan tersebut dengan hal lainnya yang lebih menyehatkan seperti mengonsumsi buah – buahan ataupun susu.

3. Kerikan Saat Masuk Angin


Selanjutnya adalah melakukan kerikan saat masuk angin. Kerikan adalah kebiasaan yang dilakukan orang-orang zaman dulu saat tubuh terserang gejala penyakit yang sering di sebut dengan masuk angin. Namun hingga sekarang masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan ini. Mereka merasa kondisi badan akan lebih baik setelah kerikan. Namun sebenarnya, hal ini tidak dianjurkan oleh dokter. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan karena dengan kerikan justru membuat pori – pori kulit menjadi lebih terbuka dan malah bisa menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah.

4. Kebiasaan Nonton TV Sambil Baring


Anda pasti pernah menonton televisi sambil tiduran? Banyak sekali orang yang melakukan hal ini karena posisi tiduran saat menonton televisi memang sangat nyaman. Namun dampaknya akan berakibat buruk pada kesehatan mata. Jika Anda terus menerus melakukan kebiasaan ini dan bahkan melakukannya setiap hari, maka mata Anda sangat berisiko terkena berbagai kelainan mata. Mata Anda bisa saja menjadi minus atau silinder. Tentu saja tidak ada orang yang menginginkan hal ini terjadi.
Hindari menonton TV dengan berbaring, usahakan duduk di tempat yang nyaman dengan jarak yang membuat mata rileks. Terutama pada anak kecil, prihatin sekali melihat anak kecil yang sudah harus menggunakan kacamata saat pergi ke sekolah. Apalagi mereka harus kesulitan pada saat membaca. Jadi kebiasaan buruk ini harus segera Anda hentikan.

5. Menekuk Kaki Setelah Berlari


Ini akan sangat berbahaya karena otot – otot kaki masih berkontraksi sesaat setelah digunakan untuk berlari. Anda harus meluruskannya hingga mengendur dan rileks barulah kemudian boleh ditekuk. Jika Anda terbiasa menekuk kaki setelah berlari, meskipun lari itu rangka olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh namun justru akan menyebabkan dampak yang tidak sehat. Penyakit yang paling umum di timbulkan dari kebiasaan buruk ini adalah  munculnya varises di kaki. Tentu saja tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi.


Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk menghindari 5 pola hidup buruk yang sudah di sebutkan diatas. Semoga bermanfaat.