4 Makanan Sehat Bayi Berdasarkan Usia Yang Harus Anda Ketahui



Hadirnya seorang bayi dalam kehidupan Anda tentu saja adalah momen yang sangat di nanti-nantikan. Suasana akan berubah drastis begitu Anda memiliki bayi. Kehangatan dalam keluarga akan terasa lebih membahagiakan tatkala keluarga Anda di hadiahi dengan kehadiran seorang malaikat kecil yang setiap gerak-geriknya membuat siapa saja yang memandangnya merasa bahagia.

Anda sebagai orang tuanya tentu saja selalu menginginkan semua yang terbaik baginya dalam segala hal. Tak terkecuali dalam hal memberikan makanan yang bergizi dan menyehatkan untuk anak. Maka dari itu sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang bisa di berikan untuk bayi seiring dengan pertambahan usianya.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih sebagai makanan sehat yang dapat And berikan kepada bayi Anda. Namun faktor terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kesesuaian jenis makanan tersebut dengan usia si kecil. Ada beberapa jenis makanan yang belum boleh di berikan pada bayi di yang masih dalam usia tertentu. Jadi setiap jenis makanan itu haruslah di sesuaikan dengan usia bayi Anda. Untuk mempermudah Anda kami akan berikan penjelasan jenis-jenis makanan sehat pada bayi yang telah di kategorikan berdasarkan usianya

4 Kategori makanan sehat untuk bayi Anda berdasarkan usia adalah sebagai berikut:

1. 0-6 bulan


Dalam masa usia ini sebenarnya bayi belum memerlukan terlalu banyak makanan. Salah satu yang paling utama untuk di penuhi adalah ASI itu sendiri. Harus Anda ketahui bahwa ASI adalah makanan yang mengandung nutrisi paling lengkap untuk bayi. Jadi pada usia ini Anda sebagai ibulah yang harus banyak-banyak makan makanan yang menyehatkan. Jika ASI Anda kurang lancar Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter agar di berikan anjuran makanan sehat yang dapat membuat ASI menjadi lancar.

2. 6-8 bulan


Pada usia 6 hingga 8 bulan ini bayi Anda sudah di boleh di berikan beberapa jenis makanan yang biasa disebut dengan makanan pendamping ASI/MPASI. Yang perlu Anda perhatikan adalah dalam pemberian makanan pendamping ASI ini harus dilakukan secara bertahap. Pemberian makanan di mulai dari jenis makanan yang memiliki tekstur paling lembut seperti bubur susu, sup, sayuran, dan buah-buahan yang telah di haluskan.

Pada usia ini usahakan untuk tidak memberikan makanan padat terlalu cepat, Anda harus melakukan pengenalan makanan-makanan sehat ini secara bertahap. Yang terpenting adalah untuk memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan yang Anda berikan.

3. 9-12 bulan


Ketika sudah bayi Anda sudah memasuki usia 9-12 bulan ini Anda sudah bisa memberikan makanan sehat yang lebh beragam. Pada usia ini Anda sudah di perbolehkan untuk memperkenalkan makanan padat lunak seperti buah-buahan mulai dari pisang, papaya, semangka, apel dan jeruk. Selain itu Anda juga bisa mengenalkan bayi Anda dengan makanan tinggi protein seperti ikan, telur, dan tahu.

4. 13-24 bulan


Pada usia ini bayi sudah memasuki usia dimana Anda bisa memberikannya makanan yang biasa di makan orang dewasa. Yang perlu di perhatikan adalah tekstur makanan yang halus di haluskan terlebih dahulu, bisa dengan membuat bubur atau sup. Anda juga harus selalu memperhatikan kandungan makanan yang Anda berikan. Berikanlah makanan-makanan yang tinggi protein dan unsur lainnya yang dapat menunjang pertumbuhan bayi menjadi sehat dan cerdas.


Anda juga harus pandai dalam mengolah makanan-makanan tersebut dengan berbagai variasi agar bayi Anda tidak bosan. Karena biasanya bayi akan bosan jika di berikan makanan yang itu-itu saja. Cobalah untuk berkreasi dalam meracik makanan untuk bayi Anda. Semoga bermanfaat