3 Gejala Typus Yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini


Penyakit typus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit typus sangat mudah menular dan menjangkiti siapa saja yang memakan bahan-bahan yang mengandung bakteri ini. Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella dari kotoran orang yang sebelumnya terkena typus.

Selain itu penularan juga bisa melalui hewan-hewan yang menjadi perantara pembawa bakteri penyakit typus seperti tikus dan kecoa. Pada taraf yang parah, penyakit typus bahkan dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia. Oleh karena itu Anda harus sangat berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Perhatikan juga kebersihan pada saat makan.

Agar dapat segera melakukan pertolongan pada orang yang terkena typus, Anda harus mengetahui gejala awal seseorang yang terjangkit penyakit ini. Kenalilah Gejala Typus ini dengan baik 5-6 hari pada fase awal terserang, karena penyakit ini merupakan penyakit serius dan harus cepat ditangani. Jika tidak ditangani dengan cepat maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kematian.
Pada kali ini kami akan membahas beberapa gejala penyakit typus untuk anda simak dengan baik. 

Penyakit ini sangatlah berbahaya, pertama-tama anda harus tahu penyebab penyakit ini, dan juga anda harus tahu gejala dari penyakit ini agar penanganan awal yang anda lakukan sangat tepat. Berikut beberapa gejala serangan typus yang biasanya di alami oleh seseorang:

1. Perubahan Pola BAB


Pada orang yang terkena typus biasanya akan mengalami gangguan pada pencernaan. Gejala ini biasanya akan disertai dengan perubahan pola BAB, misalnya akan sering buang air besar atau malah tidak bisa buang air besar sama sekali. Jadi jika ada perubahan pola BAB maka waspadai bisa saja anda terkena serangan penyakit tifus. Selanjutnya gejala perubahan pola BAB ini akan disusul dengan munculnya sakit hebat pada perut dan mual.

2. Sakit Perut Dan Mual-Mual


Umumnya penderita typus akan mengalami gejala sakit perut disertai mual-mual. Gejala sakit perut ini akan berlangsung selama beberapa saat di susul dengan muntah. Biasanya sakit perut yang diderita di bagian sebelah kiri. Hal ini di sebabkan karena pada bagian perut sebelah kiri terdapat usus 12 jari yang mengalami infeksi, berbeda dengan rasa sakit akibat maag yang biasanya terjadi di bagian ulu hati atau perut bagian atas.

3. Demam Tinggi


Demam terjadi akibat reaksi tubuh terhadap serangan bakteri typus. Demam merupakan dampak dari reaksi perlawanan hebat antibodi tubuh untuk mematikan virus, namun karena tubuh tidak lagi mampu melawan maka terjadilah demam tinggi. Suhu tubuh biasanya akan menjadi tinggi beberapa derajat hingga 40 derajat Celcius. Jika panas tubuh lebih dari 40 derajat celcius maka harus segera di lakukan penanganan medis oleh dokter ahli karena ini merupakan kondisi yang sangat membahayakan keselamatan Anda.

Pada anak kecil yang terserang typus, biasanya demam tinggi ini dapat menyebabkan kejang-kejang. Jika tidak cepat mendapat penanganan akan sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Sebagai orang tua Anda harus selalu waspada jika ada salah satu dari anak Anda yang terkena typus dan berusia di bawah 10 tahun. Jika penyakit ini kumat jangan tunda-tunda untuk segera membawanya ke dokter.


Itulah 3 gejala umum yang di alami oleh penderita typus. Kenali gejala-gejala tersebut sedini mungkin agar Anda bisa melakukan penanggulangan secara cepat untuk menghindari dampak buruk yang lebih serius. Semoga bermanfaat.