7 Penyebab Penurunan Kinerja Otak Yang Harus Anda Ketahui



Otak merupakan organ vital terpenting pada manusia. Sebagai pusat pengendalian seluruh organ-organ penting lainnya dalam tubuh, kesehatan otak wajib hukumnya untuk selalu di jaga. Ketika terjadi sedikit saja gangguan pada otak maka seluruh organ penting lainnya akan ikut terganggu. Begitu pula fungsi-fungsi saraf pada tubuh yang akan ikut mengalami penurunan fungsi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada gangguan-gangguan kesehatan lainnya dan bahkan dapat menimbulkan penyakit yang parah.

Selain itu otak juga sangat berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Tentu saja setiap orang menginginkan memiliki kecerdasan yang tinggi. Dengan demikian Anda akan mampu untuk berpikir cepat pada berbagai kondisi. Penurunan kinerja otak tentu saja akan sangat mempengaruhi kualitas kecerdasan seseorang. Terjadinya penurunan kinerja otak selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan penurunan kemampuan berpikir pada seseorang.

Nah pada kali ini kita akan bahas 7 penyebab terjadinya penurunan kinerja otak pada manusia.

1. Konsumsi Gula Berlebih


Konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan terganggunya penyerapan zat-zat penting lain yang sangat di butuhkan oleh otak. Biasanya orang yang memiliki pola konsumsi gula akan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu Anda harus mengatur pola konsumsi gula Anda. Gunakan gula yang rendah kalori jika belum mampu untuk menghindari pemakaian gula pada makanan dan minuman sehari-hari Anda.

2. Kurang Tidur


Otak adalah bagian tubuh yang memerlukan istirahat. Ia bukanlah mesin yang bisa di pakai seharian tanpa harus di istirahatkan. Oleh karena itu setelah Anda bekerja dan beraktifitas selama sehari penuh, cobalah untuk tidur yang cukup. Anda harus bisa mengatur waktu tidur Anda minimal 6 jam sehari. Pastikan tidur Anda nyenyak untuk memaksimalkan otak Anda dapat beristirahat dengan baik.

3. Malas Berolahraga


Olahraga merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan. Selain membuat badan menjadi lebih bugar ternyata olahraga juga dapat membantu mencegah terjadinya penurunan kinerja otak. Dengan berolah raga tubuh Anda akan mampu mengembalikan keseimbangan senyawa kimia yang menyusun otak dengan baik. Oleh karena itu Anda harus mampu mengatur jadwal olahraga Anda minimal satu minggu sekali.

4. Minuman Beralkohol


Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol memang harus segera Anda hentikan sekarang juga. Selain dapat merusak tubuh, alkohol juga dapat menyebabkan fungsi otak Anda menjadi menurun. Bahkan pada taraf yang parah, mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak. Hentikan sekarang juga !

5. Bergantung Pada Kecanggihan Teknologi


Ini adalah pola hidup manusia modern di zaman ini. Mereka terlanjur dimanjakan oleh berbagai fasilitas berteknologi canggih. Sehingga membuat mereka semakin malas berpikir. Penggunaan smartphone sebagai pengganti memori ingat otak ternyata tidak selamanya baik. Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang yang jarang menggunakan otaknya untuk mengingat dapat menyebabkan turunnya kemampuan otak.

6. Stress


Stress merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Namun stress harus tetap di kelola dengan baik. Stress yang berlebihan ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi kinerja otak Anda. Jika hal ini di biarkan secara terus menerus maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi gangguan yang lebih serius. Oleh karena itu Anda harus mampu melakukan manajemen stress dengan baik.

7. Tidak Memaksimalkan Potensi Otak



Hal ini berkaitan dengan kebiasaan penggunaan teknologi pada kehidupan sehari-hari. Otak yang jarang digunakan untuk berpikir dan mengingat akan mengalami penurunan kinerja. Oleh karena itu Anda harus selalu mengasah otak Anda minimal untuk mengingat-ingat jadwal, menulis, dan memecahkan masalah yang dihadapi. Jangan biasakan memanjakan otak Anda dengan kemalasan jika tidak ingin otak Anda menjadi lemah. Semoga bermanfaat !