Mengenal Obat Wasir Untuk Ibu Hamil Yang Aman


Wasir, atau yang dikenal juga dengan nama ambeien merupakan kondisi di mana pembuluh darah pada bagian anus membengkak. Dan tak hanya pria atau wanita dalam keadaan segar bugar saja yang bisa terkena penyakit ini, melainkan semua orang termasuk pada ibu hamil.

Ambeien atau wasir dapat terasa amat gatal bahkan sampai menyakitkan sehingga membuat Anda tak merasa nyaman saat mengambil posisi duduk. Meskipun begitu, penyakit ini bukanlah satu kondisi yang harus dikhawatirkan oleh Anda. Dan wasir atau ambeien di kala hamil bukan hal baru yang terjadi bahkan mempengaruhi banyak aktivitas serta gerak ibu hamil. Bila Anda salah satu ibu hamil, maka Anda perlu mengenal obat wasir untuk ibu hamil yang aman.

Apa Saja Penyebab Ambeien di Kala Hamil?
Kehamilan membuat para ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap penyakit wasir atau ambeien serta varises kaki, bahkan tak jarang terkena varises vulva vagina. Rahim para ibu hamil yang membesar kian harinya menekan pembuluh darah pada bagian panggul dan juga pembulu balik bawah, di mana satu pembuluh dasar besar pada sisi kanan tubuh akan menerima darah dari bagian tungkai kaki, di bagian bawah.



Tekanan inilah yang menjadikan aliran darah menjadi lebih lambat dari bagian bawah tubuh ibu hamil kala menuju jantung, lalu tekanan meningkat di bagian pembuluh darah rahim, hingga akhirnya menyebabkan pembuluh darah yang bersangkutan menjadi bengkak serta melebar.

Tak hanya itu, selama kehamilan akan terjadi peningkatan hormon progesteron yang menjadikan dinding pembuluh darah para ibu hamil akhirnya mengendur. Hal ini menjadikan dinding pembuluh akhirnya menjadi lebih mudah bengkak. Hormon Progesteron juga turut ambil andil terhadap sembelit yang menjadikan kerja saluran usus lebih lambat.


Beberapa cara dapat Anda lakukan apabila Anda terkena ambeien atau wasir di kala hamil. Di bawah ini ialah beberapa caranya:

#        Dengan berendam
Anda hanya perlu mengisi bak mandi dengan air hangat dan berendam di dalamnya kurang lebih selama 10 hingga 15 menit setiap harinya. Anda perlu melakukan ini setidaknya 2 hingga 3 kali sehari.

#        Minum air lebih banyak serta mengonsumsi makanan berserat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sembelit. Sebab, kala sembelit maka feses Anda akan mengeras. Dengan feses yang lebih keras, tenaga mengejan di saat sembelit akan menambahkan tekanan di bagian pembuluh darah. Hal tersebut menjadikannya kian bengkak serta menjadi merah lantaran iritasi.

#       Obat wasir untuk ibu hamil selanjutnya yakni dengan memakai bantal 'donat' untuk alas duduk Anda. Karena, Anda tentunya akan merasakan rasa sakit yang menyiksa saat duduk di alas yang rata. Sebab itulah, lebih baik gunakan bantal yang mempunyai lubang di bagian tengahnya.

#         Jangan lupa melakukan senam Kegel. Sebab, selain membantu Anda dalam menguatkan dinding perineum guna proses persalinan, senam jenis ini juga membantu aliran darah Anda menjadi lebih lancar sehingga bisa mencegah serta meredakan wasir.


#         Pakailah obat ambeien atau wasir non-resep secara berkala dan sesuai anjuran dokter. Anda memang harus mengonsultasikan hal ini ke dokter, tentang pemakaian salep ataupun krim ambeien. Walau tak berfungsi dalam menyembuhkan penyakit wasir atau ambeien, namun salep atau krim ini setidaknya dapat membantu Anda meredakan rasa nyeri serta sakit karena wasir ataupun ambeien.